Sunday, April 22, 2012

KERJAKAN SENDIRI

Senja menutup hari,temaram mengiringi langkah kaki menuju venue yang dinanti, apalagi jika bukan scene hardcore/punx padang! Persembahan yg sepertinya di tujukan pada sang kartini,semoga terus menerangi! Yaa,gate telah dibuka yang menandakan gelaran bertajuk "Kerjakan Sendiri"

siap untuk di mulai. Sebuah bukti kolektifitas anak muda ranah merah dengan mengusung semangat D.I.Y. ,kerjasama,saling dukung,mereka seolah menunjukkan bagaimana sikap yang seharusnya di ambil di tengah distorsi sosial yang sedang dirasakan saat ini. Kerjakan Sendiri menyuguhkan penampilan  15 band lokal dari berbagai genre mulai dari punk,ska,hingga hardcore.
Selain itu juga menjadi laga tandang bagi TITIK BALIK,EMPAT BELAS (Medan) serta STRAIGHT ANSWER (Jkt). Pada Kerjakan Sendiri juga di adakan penggalangan dana.

Kerumunan generasi masa kini mulai merapat,terlihat jelas juga sebagian dari mereka merupakan teman-teman dari skinshead,punk,dan hardcore dengan dandanan khas dari masing-masing mereka.

Tanpa menunggu lama,Keep The Faith membuka pesta,sangat liar. Mereka menyuguhkan senandung keras yang mampu memberi tanda bahwa pesta yang sangat ceria dan berbahaya sudah di mulai, Damar Union Boys menjadi salah satu nomer yang membuat crowd ber-sing a long bersama.
Pembukaan yang sempurna! Selanjutnya,berturut-turut venue dihantam oleh SUBDICIDE,CASTAWAY,The Pestol,dan NUISANCE. The Pestol band yang sudah menginjak tahun ketiga ini sepertinya masih mampu membius massa,salah satu cover single dari street dogs dapat di tuntaskan dengan manis. Setelah di dahului oleh 2 band lokal yakni Hockey Pokey dan Unto Auih, tanpa ragu Titik Balik siap menghentak,mereka menunjukkan bahwa hardcore bukan sekedar music. Band asal Medan yang pada waktu dekat akan merilis album dengan lugas mebawakan nomer-nomer kebanggan mereka.




Didaulat sebagai pawang acara, ivan marky tampil cukup aktraktif malam itu tanpa ragu ia memanggil satu persatu band yang akan tampil,menyapa crowd,dan Sesekali ia juga sibuk mengingatkan kepada semua org,bahwa pada gig ini juga terdapat stand-stand yang bisa dikunjungi,mulai dari stand yang menjual merchandise band local,serta stand dari komunitas Coin A Chance yg menggalang dana untuk mereka yang membutuhkan.

Stage masih penuh sesak,band silih berganti membakar keringat oleh nama-nama besar seperti Take A brave, LordConstand, Too Late To Breakfast, TurunAksi, dan Family Brother.Masih tersisa 1 band dari Medan,yaitu EmpatBelas yang masih setia mengusung Hardcore. Di gawangi 2 vocalist, EmpatBelas tampil all out, salah satulagu yang merekabawakan yaitu ruang tanpa batas mampu membuat semua larut dalam gempita malam.

Dan akhirnya,tamu yang ditunggu pun merapat ke stage. Mereka adalah Straight Answer,oldskool hardcore dari Jakarta.

Meski turun dengan formasi yang tidak lengkap,mereka tampil dengan sangat bersemangat.Sesak nafas yang dibalut kucuran keringat bersatu di dalam lingkaran,tak ada yang terpikirkan saat itu kecuali alunan dari lagu-lagu yang dibawakan oleh Straight Answer. Nomer-nomer andalanmereka seperti for you,kami masih ada,ini saatnya,use your brain telah di kumandangkan,belum lagi mereka juga membawakan lagu dari band lain,seperti slank,dan juga bebrapa laguberaroma Britpop salahsatunyadont look back in anger milik OASIS yang merekabawakandenganversimereka.Suasana di venue terasa sangat akrab,diiringi canda dan tawa sering kali disela waktu para personil dari Straight Answer berkelakar-ria bersama penonton.

 Meskipun sempat mengalami pemadaman listrik sebanyak 2kali,namun kerumunan massa masih tetapbertahan,suatu semangat yang patut diapresiasi. Straight Answer masih membakar jamcy (tempat acara di gelar) dengan tembang andalan mereka,menolak tunduk-refuse to obey,bangkit melawan atau tunduk di tindas,hantam prasangka buruk,fasisme pasti runtuh membuat dingin malam tidak lagi menggugat. Telah dikumandangkan, tak jelas sudah berapa Track lagu yang mereka bawakan,hal ini juga disebabkan oleh crowd yang masih meminta tambahan lagu dan dari straight answer sendiri yang sepertinya berat untukk meninggalkan stage karna terpukau antusiasme anak muda padang saat itu.

Dan akhirnya,sebuah tembang dari slank yang di bawakan kembali mereka mengakhiri aksi panggung Straight Answer pada gig KERJAKAN SENDIRI ini. Pasca Straight Answer, gig ini belum usai, karna masih menyisakan 2 band lokal lagi yakni SPORADIC dan STAY ON sama-sama mengusung genre hardcore.

Mereka mampu memberikan klimaks yang sempurna untuk gig yang sangat luarbiasa ini, khususnya SPORADIC, ukuran bukan segalanya. Mesk iterlihat masih sangat belia,namun mereka mampu menampilkan penampilan yang memukau. Salute! KERJAKAN SENDIRI pun ditutup dengan penampilan 2 band tersebut, meninggalkan memori tersendiri bagi siapa saja yang menyaksikan langsung gig ini.

text and image By Hurry  A.

TALK WITH US



FOLLOW US